Cara Mengatasi Klik Kanan pada Desktop yang Lemmot

Cara Mengatasi Klik Kanan pada Desktop yang Lemmot

Konteks menu desktop atau yang lebih dikenal dengan menu klik kanan desktop akan muncul ketika Anda mengklik kanan bagian yang kosong di desktop sistem operasi Windows dan akan menampilkan akses cepat ke pengaturan Settings, pengaturan tampilan dan icon, mode pengurutan icon, dan menu untuk membuat folder atau pintasan baru. Namun apa jadinya apabila menu yang dapat diakses dengan cepat justru bekerja dengan lambat kisaran 5-6 detik? Pastinya sangat terganggu bukan. Berdasarkan penjelasan dari pihak microsoft hal ini dikarenakan adanya aplikasi pihak ke-3 yang tidak support dengan windows. Yang paling sering ialah driver VGA intel ataupun NVIDIA. Berikut mimin akan memberikan tips cara mengatasinya:
  1. Masuk ke regedit dengan cara ketik regedit pada start menu atau kolom pencarian. atau bisa juga menekan tombol kombinasi Windows+R lalu ketik regedit. Ketika muncul pop up user acount control silahkan klik Yes

    Cara Mengatasi Klik Kanan pada Desktop yang Lemmot
  2. Setelah jendela Registry Editor muncul, cari kunci registry berikut ini:

    HKEY_CLASSES_ROOT\Directory\Background\shellex\ContextMenuHandlers
  3. Di bawah folder ContextMenuHandlers, akan muncul beberapa folder anakan

    Cara Mengatasi Klik Kanan pada Desktop yang Lemmot
  4. Untuk menghapus kunci registry yang dibuat oleh Intel Graphics Properties dan Graphics Options, hapus folder igfxcui dan igfxDTCM. Caranya, cukup klik kanan folder tersebut lalu pilih opsi Delete. Klik Yes jika ada pesan konfirmasi muncul. Namun jika Anda menggunakan GPU NVIDIA, hapus folder NvCplDesktopContext. Langkah ini akan menghilangkan opsi setting graphics pada klik kanan di desktop. Karena itu adalah sumber masalahnya. Namun jangan khawatir driver VGA anda masih tetap terinstall dan masih bisa di setting dari menu yang bisa anda cari di tombol start seperti berikut ini:

    Cara Mengatasi Klik Kanan pada Desktop yang Lemmot

    Cara Mengatasi Klik Kanan pada Desktop yang LemmotCara Mengatasi Klik Kanan pada Desktop yang Lemmot
  5. Tutup jendela Registry Editor dan cek kembali apakah klik kanan sudah kembali normal. Jika belum, cobalah untuk merestart komputer Anda terlebih dahulu.
Terima Kasih atas Kunjungannya
Semoga Bermanfaat ^_^

5 komentar:

Copyright © Lah-Download | Download Software Gratis disini. All rights reserved. Template by CB